Sabtu, 09 April 2011

Pertanyaan Mengenai Kadar Air Tanah

1.     Apakah pengeringan contoh tanah gambut (mengandung bahan organik) dapat dilakukan dengan pembakan?Jelaskan!
Tidak dapat. Pengeringan contoh tanah gambut yang mengandung bahan organik atau bahan yang mudah terbakar tidak dapat dilakukan dengan meletakkan contoh tanah gambut tersebut diatas kompor atau dibakar langsung setelah disiram dengan spirtus. Hal ini dikarenakan beberapa material organik hangus terbakar.

2.     Mengapa contah tanah untuk Uji Kadar Air Tanah yang mempunyai berat ≤ 200 gram seharusnya diletakkan pada sebuah cawan yang mempunyai tutup?
Maksud dari menutup cawan hingga rapat adalah untuk menjaga kehilangan kadar air pada benda uji sebelum ditentukan berat awal dan juga untuk menjaga penyerapan kadar air dari atmosfer selama pengeringan sebelum ditentukan berat akhir benda uji.

3.      Bagaimana menetukan berat minimal contoh tanah asli untuk Uji Kadar Air Tanah?


4.    Bagaimana pemilihan contoh tanah untuk Uji Kadar Air Tanah pada tabung contoh tanah tak terganggu?
·         Sayat material secara hati-hati sekurang-kurangnya setebal 3 mm dari permukaan luar contoh uji untuk melihat apakah material tersebut berlapis dan untuk membuang material yang lebih kering atau lebih basah dibandingkan dengan bagian utama dari contoh uji. Kemudian sayat lagi contoh uji dengan hati-hati sekurang-kurangnya setebal 5 mm atau dengan ketebalan yang sama dengan ukuran partikel maksimum yang ada, dari seluruh permukaan yang terkelupas atau dari interval sedang dikerjakan.
·         Belah contoh uji setengahnya, kemudian sayat sekurang-kurangnya setebal 5 mm atau sama dengan ukuran partikel maksimum yang ada dari setengah permukaan yang terkelupas atau dari interval yang akan diuji. Hindarilah setiap sisi material dari kemungkinan lebih basah atau lebih kering dibandingkan dengan bagian utama contoh uji.
·         Jika material berlapis (atau ditemukan lebih dari satu jenis material), pilih benda uji rata-rata, atau benda uji individu atau kedua-duanya. Benda uji harus diidentifikasi dengan tepat di lokasi sehingga dapat mewakili material, lalu catat pada lembaran data.

5.      Bagaimana menentukan kadar air, kadar debu, dan kadar organik dari contoh tanah lempung organik?
SNI 13-6793-2002 


Sumber:
SNI 13-6793-2002 
SNI 1965:2008




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar